Wahyu Sri Sendari

Wahyu Sri Sendari

Minggu, 24 Juli 2011

FB SERVICE Hotel Santika Premiere Jogja

FOOD AND BEVERAGE PRODUCT SERVICE
Food and Beverage Service Departement adalah suatu bagian departement dimana anggotanya bertugas dan bertanggung jawab untuk melayani pelayanan Food and Beverage. Di Hotel Santika Premiere Jogja dibagi menjadi beberapa bagian,yaitu :
Ø  Room service merupakan sutu bagian dari FB service yang berfungsi untuk melayani pemesanan makanan dan minuman bagi tamu yang menginap di hotel,karena tamu sedang tidak ingin keluar kamar. Menu yang ada didalam room service sama dengan menu yang ada didalam restaurant Pandan Sari mulai dari breakfast,lunch,sampai menu dinner.
Ø  Restaurant adalah sebuah bangunan yang diorganisir dan menyediakan jasa makanan dan minuman. Hotel Santika Premiere Jogja memiliki satu buah restoran yaitu “Pandan Sari” yang berada dilantai I.
Ø  Banquet merupakan salah satu pelayanan service yang melayani jasa makanan dan minuman kepada tamu yang sedang mengadakan event seperti wedding party,meeting,table manner,dll. Room banquet yang ada di Hotel Santika Premiere Jogja yaitu :
·         Jogjakarta Hall
·         Sido Mulyo
·         Sido Mukti
·         Sido Asih
·         Sekar Jagad
·         Jatinom
·         Parang Kusumo
Ø  Bar  adalah suatu bagian dari FB yang menjual minuman mulai dari yang beralkhohol hingga non alkhohol. Bar yang berada di Hotel Santika Premiere Jogja adalah “ Samudra Launge”,terletak di lantai I diarea lobby hotel.
Ø  Swimming pool  yang dimaksud disini ialah pelayanan FB service yang berada di area kolam renang. Disana terdapat counter pemesanan ,tamu bisa memesannya melalui counter tersebut. Menunya pun sama dengan menu  yang ada di restoran Pandan sari.
v  TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
A.      Food & Beverage Manager
·         Bertanggung jawab atas kelancaran operasional
·         Mengembangkan F&B service
·         Memeriksa log book
·         Melakukan briefing
·         Merekomendasikan pengembangan kualitas F&B service
·         Melaporkan kegiatan operasional kepada GM
B.      ASST FB MANAGER
·         Mengontrol kinerja bawahan saat operasional
·         Menggantikan FB Manager jika tidak masuk
·         Melaporkan kegiatan operasional kepada FB Manager
C.      Secretary
·         Membantu Asst. FB Manager
·         Membuat laporan dari semua operasional
·         Mengontrol keseimbangan keuangan F&B
·         Melakukan inventory material dan keperluan F&B service
D.      Head waiter/s
·         Bekerja sama dengan FB manager
·         Mengontrol kinerja staff FB service
·         Mengatur keuangan harian
·         Bertanggung jawab dengan etika ,disiplin dan penampilan para karyawan
·         Menindak lanjut complaint tamu
E.       Head bar
·         Mengontrol kinerja karyawan
·         Menindak lanjut complaint dari tamu
·         Berttanggung jawab atas operasional
F.       Captain
·         Mengontrol waiter/s
·         Menindak lanjut complaint tamu
·         Memerikasa buffee restaurant menerima pesanan makanan/menawarkan menu makanan kepada tamu
·         Membersihkan bili tamu
G.     Waiter/s
·         Datang 10 menit sebelum briefing
·         Memeriksa penampilan sendiri
·         Menempatkan diri di side stand yang sudah ditentukan
·         Memberi salam,sapaan, dan senyuman kepada tamu
·         Mengantarkan tamu ketempat duduk dan menbantu membuka napkin
·         Memberikan service yang baik dan sopan kepada tamu
·         Menjalin hubungan yang baik dengan tamu
·         Mengetahui tentang barang yang disediakan
·         Mengirim linen kotor ke laundry
·         Clear up piring/gelas bekas tamu dan membawanya ke steward
H.     Captain banquet
·         Menerima orderan event
·         Bertanggung jawab atas operasional banquet dan order event
·         Bekerja sama dengan housekeeping untuk menyiapkan event
·         Menangani complaint dari tamu
·         Menentukan ruangan dan set up ruangan yang akan digunakan saat event

I.        Bartender
·         Menerima orderan minuman dari restaurant,room service, ataupun dari bar
·         Menjaga kualitas bar dengan menjaga standar campuran minuman cocktail dan moctail.
Di service kami memiliki tiga shift yaitu :
-          Shift pagi : 07.00 – 15.00
-          Shift siang : 14.00 – 22.00
-          Shift malam : 22.00 – 06.00 (shift malam hanya untuk karyawan laki-laki)
Squen service  ialah :
1.        Greeting.
Tugas greeter menemui tamu dan mempersilahkan tamu duduk. Tujuan greeter :
-          tamu betah
-          merasa surprise
-          tamu dipentingkan.
2.       Escorting the guest :
-          Tawarkan smoking area / non smoking area.
-          Menggunakan kata this way please.
3.       Sitting the guest :
Rules Squence Service : ladies first except host / owner.
4.       Unfolding napkin
5.       Presenting the menu / menawarkan menu
6.       Taking order (berlaku ladies first)
Tawarkan menu spesial, ambil pesanan, atau taking order dengan face to face.
7.       Repeat the order
Setelah taking order, repeat the order digunakan untuk memastikan pesanan tamu. Kalau bisa diberi tanda.
8.       Distribution captain order
Di Hotel Santika Premiere Jogja CO.nya berlaku :
-          Putih :
Untuk file kitchen atau bar.
-          Biru :
Untuk file.
-          Merah :
Untuk Kasir.
9.       Adjustment cutleries
Menyiapkan cutleries.
10.   Served the guest order

1 komentar:

  1. Casinos In Miami, FL - JTA Hub
    Casinos in Miami, FL · Golden Nugget Casino 목포 출장마사지 Hotel · 남원 출장안마 Bellagio Hotel · Hollywood Casino & 군산 출장마사지 Resort Casino 의왕 출장안마 · Seminole Hard Rock Hotel & Casino Coconut 강릉 출장안마

    BalasHapus