Wahyu Sri Sendari

Wahyu Sri Sendari

Rabu, 27 Juli 2011

CARA MEMBUAT BLOG

berikut adalah beberapa langkah untuk membuat blog , melalui blogger :)


Cara membuat akun Google

Sebelum belajar cara membuat blog, buatlah akun Google terlebih dahulu!

Kok akun Google? Google dan Blogger adalah milik perusahaan yang sama. Akun Google bisa anda gunakan untuk masuk ke fasilitas Blogger atau fasilitas Google lainnya, termasuk ke Blogger atau Blogspot.

Kita buat aja dulu akun Google. Caranya adalah sebagai berikut:
  • 1Klik di sini untuk masuk. Tampilan seperti di bawah ini (tampilannya terpotong) akan muncul

  • 2Isi data yang diminta sesuai permintaan. Data tersebut adalah Nama Depan, Nama Belakang, Nama Login yang Diinginkan, Buat Sandi, Masukkan Kembali Sandi, Pertanyaan Rahasia, Jawaban (pertanyaan rahasia anda), Email Pemulihan (boleh kosong), Lokasi, dan Verifikasi Kata.

    Pelan-pelan aja mengisinya supaya tidak ada kesalahan!
  • 3Tekan Saya Menerima. Buat Akun Saya

Mari mulai belajar cara membuat blog

Sekarang masuk ke Blogger

Setelah membuat akun Gmail seperti di atas, anda sudah bisa masuk ke Blogger.
  • 1Klik di sini untuk masuk ke Blogger.

  • 2Isi Nama Pengguna (Email) dan Kata Sandi anda.
  • 3Tekan Masuk
  • 4Anda akan dibawa ke Dasbor Blogger dengan tampilan sebagai berikut:

  • 5Tekan Buat Blog (di sudut kanan atas, di bawah Bahasa) untuk membuat blog anda
  • 6Beri nama blog anda, berisi Judul Blog, Alamat Blog (url) dan Verifikasi Kata

Mengganti Template?
Blogger sudah memasang Template Designer New yang berbeda dengan sebelumnya. Lihat cara menggunakannya di sini

Cara membuat entri atau postingan

Sekarang kita buat entri atau posting anda di blog.
  • 1Dari dasbor anda, akan tampak semua blog yang sudah anda buat. Lalu di bawah judul masing-masing blog akan ada pilihan-pilhan, termasuk di dalamnya untuk membuat entri baru, seperti di bawah ini
    . Klik buat entri baru

  • 2Maka kemudian muncul window tempat anda membuat entri atau postingan. Di situ ada Judul, kemudian Isi entri, lalu Label atau Ketegori.

  • 3Setelah selesai menuliskan entri anda, tinggal klik Terbitkan untuk menerbitkan entri tersebut. Atau bisa juga Draft (entrinya tetap ada cuma tidak terbit), kemudian Pratinjau untuk melihat entri itu sebelum diterbitkan.
  • 4Untuk melihat bagaimana tampilan entri tadi dalam blog anda, klik kanan Lihat Blog

Senin, 25 Juli 2011

Cheat Game GTA San Andreas

CHEAT GAME GTA PS2


Weapon Set 1    
LEFT, RIGHT, X, UP, DOWN, SQUARE, LEFT, RIGHT
Weapon Set 2    
LEFT, RIGHT, SQUARE, UP, DOWN, TRIANGLE, LEFT, RIGHT
Weapon Set 3    
LEFT, RIGHT, TRIANGLE, UP, DOWN, CIRCLE, LEFT, RIGHT
Get $250000    
UP, DOWN, LEFT, RIGHT, X, X, L1, R1
Armor    
UP, DOWN, LEFT, RIGHT, SQUARE, SQUARE, L1, R1
Health    
UP, DOWN, LEFT, RIGHT, CIRCLE, CIRCLE, L1, R1
Raise Wanted Level    
UP, RIGHT, SQUARE, SQUARE, DOWN, LEFT, CIRCLE, CIRCLE
Never Wanted    
UP, RIGHT, TRIANGLE, TRIANGLE, DOWN, LEFT, X, X
Sunny Weather    
LEFT, DOWN, R1, L1, RIGHT, UP, LEFT, CIRCLE
Clear Weather    
LEFT, DOWN, R1, L1, RIGHT, UP, LEFT, X
Overcast Weather    
LEFT, DOWN, L1, R1, RIGHT, UP, LEFT, SQUARE
Rainy Weather    
LEFT, DOWN, L1, R1, RIGHT, UP, LEFT, TRIANGLE
Foggy Weather    
LEFT, DOWN, TRIANGLE, X, RIGHT, UP, LEFT, L1
Spawn Rhino    
UP, L1, DOWN, R1, LEFT, L1, RIGHT, R1
Faster Clock    
R1, L1, L1, DOWN, UP, X, DOWN, L1
Destroy All Cars    
L1, R1, R1, LEFT, RIGHT, SQUARE, DOWN, R1
Peds Riot    
R1, L1, L1, DOWN, LEFT, CIRCLE, DOWN, L1
Peds Attack You    
DOWN, TRIANGLE, UP, X, L1, R1, L1, R1
Peds Have Weapons    
UP, L1, DOWN, R1, LEFT, CIRCLE, RIGHT, TRIANGLE
Faster Gameplay    
LEFT, LEFT, R1, R1, UP, TRIANGLE, DOWN, X
Slower Gameplay    
LEFT, LEFT, CIRCLE, CIRCLE, DOWN, UP, TRIANGLE, X
Perfect Traction, Down=Car Hop    
DOWN, LEFT, UP, L1, R1, TRIANGLE, CIRCLE, X
Commit Suicide    
RIGHT, RIGHT, CIRCLE, CIRCLE, L1, R1, DOWN, X
All Green Lights    
UP, DOWN, TRIANGLE, X, L1, R1, LEFT, CIRCLE
Aggressive Drivers    
UP, UP, RIGHT, LEFT, TRIANGLE, CIRCLE, CIRCLE, SQUARE
Black Traffic    
L1, R1, L1, R1, LEFT, CIRCLE, UP, X
Spawn Trashmaster    
DOWN, UP, RIGHT, TRIANGLE, L1, TRIANGLE, L1, TRIANGLE
Ride With Me    
DOWN, UP, RIGHT, L1, L1, SQUARE, UP, L1
Guys Follow You    
RIGHT, L1, DOWN, L1, CIRCLE, UP, L1, SQUARE
Upside Down    
SQUARE, SQUARE, SQUARE, L1, L1, R1, LEFT, RIGHT
Upside Down    
LEFT, LEFT, LEFT, R1, R1, L1, RIGHT, LEFT
Multiplayer Unlocks    
UP, UP, UP, SQUARE, SQUARE, TRIANGLE, R1, L1
Multiplayer Unlocks    
UP, UP, UP, CIRCLE, CIRCLE, X, L1, R1
Multiplayer Unlocks    
UP, UP, UP, X, X, SQUARE, R1, L1
Multiplayer Unlocks    
UP, UP, UP, TRIANGLE, TRIANGLE, CIRCLE, L1, R1
Chrome Cars    
RIGHT, UP, LEFT, DOWN, TRIANGLE, TRIANGLE, L1, R1


Minggu, 24 Juli 2011

FB SERVICE Hotel Santika Premiere Jogja

FOOD AND BEVERAGE PRODUCT SERVICE
Food and Beverage Service Departement adalah suatu bagian departement dimana anggotanya bertugas dan bertanggung jawab untuk melayani pelayanan Food and Beverage. Di Hotel Santika Premiere Jogja dibagi menjadi beberapa bagian,yaitu :
Ø  Room service merupakan sutu bagian dari FB service yang berfungsi untuk melayani pemesanan makanan dan minuman bagi tamu yang menginap di hotel,karena tamu sedang tidak ingin keluar kamar. Menu yang ada didalam room service sama dengan menu yang ada didalam restaurant Pandan Sari mulai dari breakfast,lunch,sampai menu dinner.
Ø  Restaurant adalah sebuah bangunan yang diorganisir dan menyediakan jasa makanan dan minuman. Hotel Santika Premiere Jogja memiliki satu buah restoran yaitu “Pandan Sari” yang berada dilantai I.
Ø  Banquet merupakan salah satu pelayanan service yang melayani jasa makanan dan minuman kepada tamu yang sedang mengadakan event seperti wedding party,meeting,table manner,dll. Room banquet yang ada di Hotel Santika Premiere Jogja yaitu :
·         Jogjakarta Hall
·         Sido Mulyo
·         Sido Mukti
·         Sido Asih
·         Sekar Jagad
·         Jatinom
·         Parang Kusumo
Ø  Bar  adalah suatu bagian dari FB yang menjual minuman mulai dari yang beralkhohol hingga non alkhohol. Bar yang berada di Hotel Santika Premiere Jogja adalah “ Samudra Launge”,terletak di lantai I diarea lobby hotel.
Ø  Swimming pool  yang dimaksud disini ialah pelayanan FB service yang berada di area kolam renang. Disana terdapat counter pemesanan ,tamu bisa memesannya melalui counter tersebut. Menunya pun sama dengan menu  yang ada di restoran Pandan sari.
v  TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
A.      Food & Beverage Manager
·         Bertanggung jawab atas kelancaran operasional
·         Mengembangkan F&B service
·         Memeriksa log book
·         Melakukan briefing
·         Merekomendasikan pengembangan kualitas F&B service
·         Melaporkan kegiatan operasional kepada GM
B.      ASST FB MANAGER
·         Mengontrol kinerja bawahan saat operasional
·         Menggantikan FB Manager jika tidak masuk
·         Melaporkan kegiatan operasional kepada FB Manager
C.      Secretary
·         Membantu Asst. FB Manager
·         Membuat laporan dari semua operasional
·         Mengontrol keseimbangan keuangan F&B
·         Melakukan inventory material dan keperluan F&B service
D.      Head waiter/s
·         Bekerja sama dengan FB manager
·         Mengontrol kinerja staff FB service
·         Mengatur keuangan harian
·         Bertanggung jawab dengan etika ,disiplin dan penampilan para karyawan
·         Menindak lanjut complaint tamu
E.       Head bar
·         Mengontrol kinerja karyawan
·         Menindak lanjut complaint dari tamu
·         Berttanggung jawab atas operasional
F.       Captain
·         Mengontrol waiter/s
·         Menindak lanjut complaint tamu
·         Memerikasa buffee restaurant menerima pesanan makanan/menawarkan menu makanan kepada tamu
·         Membersihkan bili tamu
G.     Waiter/s
·         Datang 10 menit sebelum briefing
·         Memeriksa penampilan sendiri
·         Menempatkan diri di side stand yang sudah ditentukan
·         Memberi salam,sapaan, dan senyuman kepada tamu
·         Mengantarkan tamu ketempat duduk dan menbantu membuka napkin
·         Memberikan service yang baik dan sopan kepada tamu
·         Menjalin hubungan yang baik dengan tamu
·         Mengetahui tentang barang yang disediakan
·         Mengirim linen kotor ke laundry
·         Clear up piring/gelas bekas tamu dan membawanya ke steward
H.     Captain banquet
·         Menerima orderan event
·         Bertanggung jawab atas operasional banquet dan order event
·         Bekerja sama dengan housekeeping untuk menyiapkan event
·         Menangani complaint dari tamu
·         Menentukan ruangan dan set up ruangan yang akan digunakan saat event

I.        Bartender
·         Menerima orderan minuman dari restaurant,room service, ataupun dari bar
·         Menjaga kualitas bar dengan menjaga standar campuran minuman cocktail dan moctail.
Di service kami memiliki tiga shift yaitu :
-          Shift pagi : 07.00 – 15.00
-          Shift siang : 14.00 – 22.00
-          Shift malam : 22.00 – 06.00 (shift malam hanya untuk karyawan laki-laki)
Squen service  ialah :
1.        Greeting.
Tugas greeter menemui tamu dan mempersilahkan tamu duduk. Tujuan greeter :
-          tamu betah
-          merasa surprise
-          tamu dipentingkan.
2.       Escorting the guest :
-          Tawarkan smoking area / non smoking area.
-          Menggunakan kata this way please.
3.       Sitting the guest :
Rules Squence Service : ladies first except host / owner.
4.       Unfolding napkin
5.       Presenting the menu / menawarkan menu
6.       Taking order (berlaku ladies first)
Tawarkan menu spesial, ambil pesanan, atau taking order dengan face to face.
7.       Repeat the order
Setelah taking order, repeat the order digunakan untuk memastikan pesanan tamu. Kalau bisa diberi tanda.
8.       Distribution captain order
Di Hotel Santika Premiere Jogja CO.nya berlaku :
-          Putih :
Untuk file kitchen atau bar.
-          Biru :
Untuk file.
-          Merah :
Untuk Kasir.
9.       Adjustment cutleries
Menyiapkan cutleries.
10.   Served the guest order
Hotel

Dalam buku Pengetahuan Dasar Hotel, hotel merupakan salah satu bagian dari usaha pariwisata sebagai suatu usaha penjualan jasa termasuk akomodasinya yang bersifat komersial dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang dijualnya. Hotel merupakan usaha jasa pelayanan yang sangat rumit pengelolahannya (multicomplek) dan seluruh fasilitasnya disediakan untuk umum. Kata Hotel berasal dari bahasa latin, yaitu “Hospitium” artinya suatu ruangan tamu yang berada pada suatu tempat. Setelah mengalami analogi yang lama, kata “Hospitium” tersebut berubah menjadi “Hostel”, dan lama kelamaan orang terbiasa dengan menghilangkan huruf “S” menjadi “Hotel” (Aan Surachlan Dimyati, (1992:30).
Definisi hotel menurut Webster New World Dictionary
Hotel as a commercial establishment providing lodging and usually meals and other services for the public, especially for travels. (Fred R.Lawson 1988 : 653). Terjemahan dalam bahasa Indonesia Hotel adalah suatu bangunan yang menyediakan jasa penginapan, makanan, minuman, serta pelayanan lainnya untuk umum yang dikelola secara komersial terutama untuk para wisatawan.
Definisi Hotel menurut Surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi No.KM37/PW.340/MPPT-86
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan, dan minuman serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.
Klasifikasi Hotel
Menurut Sudiarto Mangkuwerdoyo dalam Pengantar Industri Akomodasi dan Restoran, (1999:14-17). Klasifikasi suatu hotel dapat dibagi kedalam beberapa kategori, seperti diantaranya sebagai berikut:
1. Klasifikasi dilihat sesuai besar kecilnya hotel.
Ukuran besar kecilnya hotel, ditentukan oleh banyaknya jumlah kamar yang dimiliki.
1. Hotel kecil : mempunyai 25 kamar atau kurang.
2. Hotel sedang : mempunyai lebih dari 25 kamar dan kurang dari 100.
3. Hotel menengah : mempunyai kamar lebih dari 100 dan kurang dari 300.
4. Hotel besar : mempunyai kamar lebih dari 300.
Meskipun demikian, sebuah pengelompokkan hotel tidak akan sama diseluruh dunia ini kalau hanya melihat dari berapa banyaknya jumlah kamar, tetapi dari segi fasilitaspun harus dilihat didalam menilai suatu besar kecilnya hotel.
2. Klasifikasi Berdasarkan Bintang.
Mengenai pengelompokkan hotel yang berbintang, Direktorat Jenderal Pariwisata memutuskan kelompok hotel yang mana yang pantas dinyatakan berbintang setelah dilakukan penilaian-penilaian dari hotel yang dibuat dalam suatu daftar.
Hotel berbintang tersebut terdiri atas:
a. Hotel berbintang satu (One Star Hotel).
b. Hotel berbintang dua (Two Star Hotel).
c. Hotel berbintang tiga (Three Star Hotel).
d. Hotel berbintang empat (Four Star Hotel).
e. Hotel berbintang lima (Five Star Hotel).
f. Hotel berlian (Diamond Star Hotel).
3. Klasifikasi Tipe Tamu Hotel
Pengelompokan dilihat berdasarkan tipe tamu, dapat dibedakan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
a. Family Hoteladalah Hotel yang tamunya dominan untuk keluarga.
b. Business Hoteladalah Hotel yang tamunya dominan untuk para pembisnis.
c. Tourist Hoteladalah Beberapa hotel yang tamunya dominan sebagai wisatawan.
d. Transit Hoteladalah Hotel untuk tamu yang singgah untuk sementara waktu.
e. Resort Hoteladalah Hotel untuk tamu yang ingin menikmati keindahan alam di hotel.
4. Klafisikasi dilihat dari lama tinggal tamu
Pengelompokan hotel menurut lamanya tamu menginap dapat dibagi menjadi, sebagai berikut:
1) Transient atau komersial hotel
Tamu hotel yang menginap untuk semalam atau kurang, dan mereka tidak perlu menandatangani perjanjian sewa kamar untuk menginapnya.
2) Resident hotel
Tamu yang menginap, minimal dalam jangka waktu satu bulan, dengan perjanjian sewa diantara kedua belah pihak.
3) Semi Resident hotel
Tamu dengan lama tinggal, untuk tinggal semalam saja.
5. Plan atau Harga Jual
1) European Plan : Hotel hanya menjual harga kamar saja.
2) American Plan : Hotel yang menjual kamar dan dengan
ditambah makan dengan tarif tertentu.
3) Economy Hotel : Hotel dengan harga jual terendah.
4) First Class Hotel : Hotel dengan harga jual menengah.
5) De-Luxe Hotel : Hotel dengan harga jual paling mahal.
6. Lokasi atau Letak Hotel
Dilihat dari segi lokasi, type hotel dapat dibagi menjadi:
1) Resort Hotel : Hotel yang terletak didaerah-daerah tempat wisata,
seperti lokasi hotel yang berada didekat pantai.
2) City Hotel : Hotel yang terletak ditengah kota.
3) Higway Hotel : Hotel yang terletak di pinggiran kota, misalnya motel
Kitchen (Dapur)
Pada dasarnya Kitchen diartikan sebagai tempat dimana terjadi proses kegiatan pengolahan bahan-bahan makanan menjadi makanan jadi maupun setengah jadi dengan menggunakan alat-alat yang tersedia.
Pengertian Kitchen
Menurut kamus bahasa inggris, Oxford Dictionary, Kitchen adalah “Room in which meals are cooked”, (1996:237) yang artinya kitchen merupakan ruangan dimana makanan dimasak.
Kitchen dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
1.     Cold Kitchen
Kitchen yang merupakan tempat pengolahan bahan-bahan makanan yang membuat hidangan pembuka (cold appetizer), juga membuat cold souce seperti mayonaise, thousand island, callipso, souce, dll. Outlet ini juga menangani pengolahan buah-buahan untuk dekorasi maupun hidangan pembuka dan penutup.
2.     Hot kitchen
Hot kitchen dibagi menjadi 2 bagian yaitu kitchen banquet dan kitchen a’la carte. Dua bagian kitchen tersebut memiliki outlet-outlet seperti dibawah ini:
a. Soucier
Outlet yang bertanggung jawab dalam pengolahan makanan utama (main course) dan pembuatan hot souce seperti demi glace mushroom souce, black pepper souce.
b. Cold kitchen
Outlet yang bertanggung jawab atas pembuatan soup maun side dishes.
c. Butcher
Outlet yang menyiapkan dan mengkhususkan pada daging, ayam, ikan dan sejenisnya. Selain itu menyiapkan bahan baku mentah dan setengah jadi.
Fungsi Kitchen
Sedangkan Fungsi kitchen dalam buku Food and Beveragae, Menurut Richard Sihite (2000:1), beberapa fungsi kitchen hotel adalah sebagai berikut:
1.     Sebagai tempat kegiatan memasak di hotel.
2.     Sebagai tempat eksperimen untuk menghasilkan resep-resep baru.
3.     Alat tolak ukur kualitas hotel melalui pengolahan makanan dan penyajian makanan.
Pastry Kitchen
Dalam buku bakery pastry production, BLPP ; Pastry adalah bagian yang mempersiapkan, mengolah dan menyajikan produk cake, chocolate, biscuit, special occation product,. Penyajian produk pastry pada saatcoofe break, tea time, dessert, party dan juga dijual bebas untuk tamu yang datang ke pastry shop (bila mana hotel tersebut terdapat pastry shop) (1993;1)
Sedangkan pengertian pastry section dalam buku the professional pastry chef second edition adalah, A room to prepare and serve all hot and cold sweet dishes, pastries, cakes, gateaux, petits four, ice cream dishes, and yeast good. (Bo Frieberg 03 : 1990). Yang artinya pastry adalah suatu ruangan untuk mempersiapkan dan melayani segala macam hidangan manis baik panas maupun
dingin seperti, pastries, cakes, gateaux, petits four, ice cream dishes, dan gandum yang baik.
 Cooking Method (Teknik-Teknik Memasak)
Dalam pengelohan makanaan selalu berhubungan dengan metode memasak (cooking method). Dalam buku Authentic Recipes From Europe, makanan dapat dimasak dengan menggunakan cara memasak basah (cooking by moist heat) dan memasak kering (cooking by dry heat) Luca Invernizzi Tettoni (2004:7).
1 Cooking By Moist Heat
Metode memasak yang termasuk ke dalam metode cooking by moist heat adalah sebagai berikut :
Boiling, Simmering, Poaching, Stewing, Braising, Steaming, Blanching.
2 Cooking By Dry Heat
Adapun metode memasak yang termasuk kedalam metode cooking by dry heat adalah :
1) Grilling (memanggang), ialah memasak makanan dengan panas langsung. Sumber panas berada dibawah makanan yang sedang dimasak. Alat yang digunakan disebut Grill yang dilengkapi dengan jeruji kawat. Sumber panas dapat diperoleh dari gas, listrik dan arang (batu bara yang dipanaskan).
2) Baking, adalah memasak makanan didalam oven tanpa disiram-siram dengan minyak panas selama proses memasak (tanpa basting proses).Roasting, ialah suatu proses memasak kering dengan panas yang kuat atau tinggi dari segala arah, biasanya dilakukan didalam oven, sewaktu-waktu makanan tersebut disiram dengan minyak panas untuk mengembalikan kelembaban makanan tersebut.
3) Frying (menggoreng), adalah memasak dengan mempergunakan minyak panas. Frying dibedakan menjadi dua yaitu deep frying(mengunakan minyak banyak) dan pan frying / sautéing (menggunakan minyak sedikit).